Kamis, 05 Juni 2014

Table Manner

Lu pasti tau gimana cara makan kan?

Ya, dimana tangan kanan berfungsi sebagai claw yang digunakan untuk mencomot makan dan memasukannya ke mulut kita.

Sementara tangan kiri berguna untuk menahan dasar piring agar piring tidak pecah dan mencegah lu dimarahin mama lu gara-gara mecahin piring. Tangan kiri juga berfungsi untuk membantu tangan kanan dikala tangan sedang kesusahan mencomot makanan, contohnya aja pas makan ayam, kalau lu susah ambil dagingnya, pasti lu pakai tangan kiri buat nahan tulang yang nahan dagingnya.

Gue nggak tau itu bener apa nggak, soalnya kelakuan makan gue kayak gitu. Mungkin aja ada yang sma kan?

Tapi, yang ngeganggu pikiran gue adalah tabble manner!
Lu tau kan? Cara makan yang hukumnya fardu a'in di acara formal.
Dimana lu harus pake garpu dikiri dan sendok dikanan.
Kalau yang lebih elit itu, garpu dikiri, pisau dikanan.
Yang lebih elit lagi itu, garpu dikiri, pisau dikanan, sumpit diidung.

Gue pernah belajar tabble manner ini dirumah dan hasilnya bener-bener menyebalkan deh.


Pas itu, mama gue pulang bawa takoyaki sama okonomiyaki. Ngeliat ada sendok sama garpu plastik didalam kotak okonomiyaki, mama gue tiba-tiba dapet ide gila ini.
'Aa bisa table manner nggak?' Tanya mama gue.
'Nggak ma.' Jawab gue sambil makan takoyaki dengan cara makan 'comot' ala gue.
'Belajar coba! Pakai garpu sama sendok ini. Sendok dikanan, garpu dikiri.' Kata mama gue sambil nyodorin tuh sendok sama garpu plastik.
'Aa nggak mau. Emangnya buat apa sih belajar kayak gituan?' Tanya gue.
'Buat dipake di acara formal. Masa aa makan masih pake tangan atau 1 sendok di acara formal? Kan malu-maluin.' Kata mama gue.
Bener juga ya. Kalau gue masih pake cara makan gue yang udah kayak gelandangan di acara formal, gue bisa dikira makhluk prasejarah yang gagal diawetkan lagi makan di sana.

'Iya deh, tapi fungsinya garpu apa ma?.' Keluh gue.
'Buat makan, kalau sendok buat motong..' Jawab mama gue.
'Masa makan pake tangan kiri sih ma?' Keluh gue.
'Ya, udah aturan dari sononya.' Kata mama gue anteng.

Karena gue takut dikira  durhaka karena sering ngeluh, jadinya gue coba aja tanpa nanya-nanya lagi.Gue coba motong tuh okonomiyaki pake sendok dan gue tusuk pake garpu. Udah itu gue pindahin garpu ke tangan kanan gue terus gue makan biar afdol.  Tiba-tiba mama gue nyaut.
'Makan langsung dari garpunya! Jangan dipindahin posisinya!'
'Kan dosa mah kalau makan pake tanga kiri.' Kata gue sok lugu.
'Biarin aja, itu malu-maluin loh.' Kata mama gue kesel.

Mama gue langsung rebut sendok sama garpu gue terus nyontohin cara yang bener, nyontohinnya juga sampe tuh okonomiyaki dimakan! Gue sering bikin kesalahan, dan mama gue jadinya sering ngasih contoh sampai gue patahin tuh sendok sangking keselnya. Ilmu nggak dapet, makanan juga nggak dapet.
Jadinya malem itu gue cuma makan bumbunya aja.


Gue nggak ngerti sama konsep table manner nini. Udah nyusahin bikin dosa lagi. Kenapa gue nggak bisa makan pake cara makan gue yang sangat khas itu diacara apapun? Kenapa orang suka makan pake tangan kiri? Padahal itu kan dosa. Gue yang agak stress juga masih inget sama dosa loh.
Gue nggak masalahin tabble manner gara-gara cara makannya yang aneh, gue cuma nggak bisa. Itu doang.

Tapi, sekarang gue udah bisa table manner ala gue sendiri.
Garpu dikanan, sendok dikiri, pisau dimulut, sumpit diidung. Kalau gue ke acara formal terus makan pake table manner kayak gitu, gue yakin semua orang bakal tercengang ngeliat gue makan dengan table manner yang abnormal dan terkesan seperti atraksi.
Ya, antara jenius dan tolol memang beda tipis ya?

0 komentar:

Posting Komentar

 

Cerpen Go 4 Blog © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates