Senin, 02 Juni 2014

3 Tahun Yang Sia-Sia

SMA adalah masa paling indah bagi semua umat manusia di muka bumi ini. Jaman SMA adalah jaman dimana lu bisa melakukan hal gila selayaknya anak kecil yang sok-sokan  dewasa seperti pacaran, balap motor, merokok, pesta, pesta di rumah kepala sekolah, ngebakar sekolah, dll.
Tapi, gue nggak melakukan hal-hal gila itu selama gue SMA. Tapi, gue pernah ngelakuin hal gila kayak nembak cewek,,,, pake ketapel, pelurunya kaktus. Sesudah itu gue digampar, ditendang, dipukul, dicekik, diputer, dijilat, dicelupin ke aspal panas sama dia.


Seminggu sebelum UN tepatnya, gue lagi ngobrol-ngobrol sama si Santosa di rumah gue.
'Ga, lu mau nggak sabtu nanti ke rumah gue?' Tanya Santosa.
'Buat apa? Lu mau malmingan sama gue?!' Tanya gue panik.
'Ya kagak lah bego, cewek aja ogah sama lu apalagi gue!' Kata Santosa.

Kebayang kalau gue beneran malmingan sama si Santosa, pasti itu bakal geli banget! Kami berada di kamarnya Santosa berduaan, ngomongin masalah masing-masing, terus, terus, terus, kita saling cabutin bulu ketek satu-satu. JANGAN SAMPE!!!!

'Nggak, sabtu tuh aku mau bikin acara makan-makan sambil pengajian sebelum UN.' Jelas Santosa.
'Siapa aja yang lu ajak?' Tanya gue.
'Semua cowok diangkatan kita.' Jawab Santosa.
'Gue nggak ikut ah.' Jawab gue jutek.
'Kenapa?' Tanya Santosa sambil memasang muka puppy facenya.
'Gue nggak bisa hang out sama perokok.' Jawab gue.
'Alah, lu ngelem pake bensin campur aibon aja kuat, kenapa sama asep rokok kagak?' Tanya Santosa agak ngeledek.
'Heh, kalau gue ada diruangan penuh asap rokok, gue bisa kena ISPA, TBC, bahkan kanker paru-paru.' Jawab gue kesel.
'Alah lu berlebihan aja kali.' Ledek Santosa.
'Eh, asal lu tau aja ya. Gue aja berani marahin mama gue kalau ketahuan ngerokok.' Kata gue.
'Terus?' Kata Santosa datar.
'Gue nggak dikasih jajan sebulan.' Kata gue sombong.
'Bego lu, datang aja lah.' Bujuk Santosa.
'Nggak, emang lu mau tanggung jawab kalau gue mati?' Tanya gue.
'Ya, moga-moga aja sih.' Jawab Santosa.
'Moga-moga apa?'
'Mati.'
'...'

Gue memang nggak terlalu deket sama temen satu sekolah gue, yang deket paling-paling cuma si Santosa doang. Gue juga punya banyak masalah sama mereka kayak gue suka cuek ke mereka, gue suka ngasih jawaban salah ke mereka, gue suka abisin bekal mereka, gue suka nuker rokok mereka sama milkita atau kapur bagus, nukerin isi botol minumnya sama baygonlah, dll. Gue memang orang yang introvert dan gue selalu diem biar gue bisa tenang di sekolah. Cuma 2 hal yang gue incer di sekolah, ilmu sama beasiswa itu aja.
Dan selama 3 tahun, gue menjalani jaman SMA gue dengan cara seperti itu.


Setelah UN, gue nggak ikut perpisahan SM A karena 2 hal.

  1. Ciwalini dan Kawah Putih, gue nggak kuat dingin. Gue takut kalau gue mati sekolah nggak mau tanggung jawab.
  2. Gue bosen ketemu mereka.

Gue merasa tidak merasakan suatu penyesalan atau apapun gara-gara gue nggak ikut perpisahan itu tapi, 2 minggu kemudian gue pergi ke perpisahan SMP gue karena gue adalah salah satu pengisi acara disana.
Saat jam istirahat, gue temuin si Wahyu, murid gue.
'Nggak kerasa ya yu udah lulus lagi? Perasaan baru kemarin kakak ngajar kamu.' Kata gue.
'Iya kak, nggak kerasa banget.' Kata Wahyu.
'Bakal sepi nih kakak.' Keluh gue.
Wahyu nepuk bahu gue dan bilang.
'Udah lah kak, waktu kan berjalan terus. Nggak mungkin kan aku sama temen-temen aku bakal diajar sama kakak lagi.'
'Iya, kamu bener.' Kata gue.
'Mungkin aja Wahyu nggak akan balik ke SMP tapi, kita kan masih bisa stay connect kan? Kakak masih bisa ngobrol sama aku atau yang lainnya.' Lanjut Wahyu.
'...'
Setelah itu, gue jadi tahu sesuatu. Masa SMA adalah masa yang paling indah, dimana sebenarnya SMA adalah tempat terakhir lu bisa ngobrol, bercanda, ketawa, seneng-seneng sama temen lu karena, lu nggak belum tentu bisa melakukan hal yang sama saat lu udah kuliah, kerja, bahkan berumah tangga. Tapi memang kita bisa tetap stay connect tapi itu akan berasa seperti ada sesuatu yang hilang yaitu kebersamaan.

Gue udah menghabiskan 3 tahun dengan sia-sia, gue nggak dapat banyak temen, beasiswa dari sekolah juga nggak dapet lagi. Tapi hal baik yang gue dapatkan adalah, ilmu dan akhlak yang baik. Gue adalah perokok pasif dan gue nggak pernah ngedeketin zina karena gue nggak laku.
Memang benar, di setiap hal negatif, pasti ada setidaknya 1 hal positif yang berguna untuk kita.


Gue nggak akan lupain apa yang guru agama gue bilang pada kami, angkatan yang sudah lulus.
"Jangan coret-coret seragam kalian walaupun kalian sudah lulus!"
Maaf guru, saya sudah mencoret-coret seragam saya pake rinso cair, ini juga lagi dijemur.
Ya, walaupun banyak kenangan-kenangan negatif yang gue deritai di SMA, tapi gue bisa liat ada beberapa kenangan yang sangat berkesan selama gue masih menjadi siswa SMA.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Cerpen Go 4 Blog © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates