Senin, 09 Juni 2014

ABG dan Rokok

Selama 12 tahun gue sekolah, gue selalu menemukan banyak sekali godaan yang bisa menjerumuskan gue yang suci ini menuju lubang kegelapan. Walau muka gue udah itemnya full nggak setengah-setengah, tapi gue nggak mau masa depan gue suram.
Salah satunya itu ya merokok.


Entah kenapa, rokok udah menjadi hal yang biasa bagi temen-temen sekelas gue. Bahkan rokok ini udah kayak keperluan primer buat mereka. Gue pernah diajak ngerokok sama temen gue (sebut aja namanya Niko Tin ya) pas gue masih SMA (Waktu itu masih jam 6 dan gue masih tiduran di tengah lapang sekolah).   
'Ga, gue lemes gini nih.' Kata  so Niko Tin.
'Lemes? Sarapan dong!' Suruh gue.
'Eh, kan disekolah nggak boleh.' Kata Niko.
'Kenapa sekolah ngelarang? Emangnya makanan lu gedung sekolah?' Tanya gue.
'Bukan bego, gue belum ngerokok!' Kata dia kesel.
'Loh? Kok ngerokok sih?' Tanya gue.
'Iya, kalau gue nggak ngerokok, gue bisa pusing.' Keluh Niko.
'Kok bisa? Emang rasanya kayak gimana?' Tanya gue.
'Enak aja gitu, ngilangin stress gitu lah. Lu mau?' Kata Niko sambil nawarin gue sebatang.

Gue mikir-mikir. Apa yang akan terjadi kalau gue ngerokok? Apa gue akan berubah menjadi manusia asap di film One Piece? Atau gue bakal bisa nyedot rokok sampai abis kayak di film kung fu hustle? Ya, itu emang bisa, tapi ujung-ujungnya gue bengek.

'Nggak ah, gue mending jadi perokok pasif aja.' Jawab gue.
'Kenapa? Mending jadi perokok aktif aja ga. Pasif lebih bahaya loh.' Kata Niko.
'Enggak ah, tapi aktif lebih berdosa.' Kata gue.
'Udah ah! Gue mau keluar dulu! Lama-lama gue mau muntah gue liat muka lu!' Kata Niko sambil pergi ninggalin gue.
'...'
Gue kagak ngerti sama para perokok ini. Mereka bener-bener nggak bisa lepas dari rokok. Gue curiga kayaknya mereka sarapannya nasi, lauknya rokok, minumnya seasbak air (bukan gelas lagi).

Tapi yang namanya kecanduan juga susah dihentikan, godaannya banyak banget. Walaupun udah dimarahin orang tua, digampar sama guru, ditabrak sama satpol PP, digetok sama hakim, dll. Tetep aja susah berhentinya.

Banyak banget faktor yang ngebuat ABG pada ngerokok. Mungkin karena niruin bapaknya, mau dikira gaya, penasaran, disuruh orang tua, tuntutan sekolah, dll. Yang jelas banyak deh.

Apalagi, temen gue banyak yang perokok. Tapi gue nggak ngejauhin mereka karena gue bisa jaga diri gue dari rokok. Lagipula yang dosakan mereka bukan gue.

Tapi ngerokok boleh-boleh aja asalkan,
  • Lu udah punya uang.
  • Asapnya lu telen sekalian.
  • Kalau bisa pintungnya juga dimakan.



Alasan gue nggak ngerokok adalah mama gue. Dia udah banting tulang buat nyekolahin gue, tapi hasilnya gue cuma bisa ngerokok. Gila-gila gini gue juga bisa mikir, bisa-bisa gue digampar sama mama gue kalau gue ketahuan ngerokok.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Cerpen Go 4 Blog © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates