Rabu, 04 Juni 2014

Mau Kuliah Atau Kerja?

Kegalauan anak SMA yang sangat parah sampai-sampai hampir akan mendekati kematian adalah menentukan mau kemana kita sesudah lulus SMA atau bisa dibilang, LU MAU KERJA APA KULIAH??

Bagi cewek yang nggak kuliah sih pasti gampang, tinggal nikah aja sama duda atau kucing tetangga sebelah atau apapun lah. Tapi, masa gue nikah sih? Nyari pacar aja susahnya minta ampun, ini malah disuruh nyari istri. Susahnya double, double gilanya sama double malunya.
Bagi gue, ini merupakan soal tersulit yang pernah gue hadapi, kenapa? Keduanya memiliki keuntungan dan kutukan tersendiri yang menyulitkan hidup gue ini.


KULIAH

 Kalau lu udah SMA, jelas lu harus Kuliah. Tapi, kuliah itu biayanya mahal banget, walaupun lu punya beasiswa, itu nggak akan nutup biaya kuliah yang mahalnya itu udah kayak apartemen di hari senin. Mau coba bidik misi juga susah, Paling sebel gue pas buat SKTM.
'Mas mau buat SKTM?' Tanya mbak-mbaknya.
'Iya mbak.' Kata gue sambil ngasih foto rumah gue.
'Oh, maaf mas. Mas nggak bisa buat SKTM.' Kata mbak-mbak itu dengan muka memelas.
'Kenapa?' Tanya gue kesel.
'Mas kurang miskin, rumahnya aja bagus gini, ada motor, ada TV, ada ruang penyiksaan, ada ring tinju lagi.' Jelas mbak-mbaknya.
'...'
Katanya siapa aja bisa bidik misi, tapi begonya, gue lupa kalau panitia nggak peduli kalau barang-barang itu masih ada cicilannya. duh.

Kalau juga gue masuk kuliah juga susah, yang nyusahin itu OSPEK.
OSPEK tuh kayak MOS lagi, cuma caranya agak-agak(baca : bener-bener) nggak manusiawi> Contohnya aja kadang kita disuruh dandan kayak gembel, jalan bebek, banting dosen, narik kolor rektor, dll.
Bahkan, banyak berita mahasiswa yang meninggal gara-gara diospek. Gue jelas ngeri banget, gue takut diospek. OSPEK ini mirip sama permainan survival, udah tahu masuk kuliah itu susah terus ujung-ujungnya mati. Buat apa coba?
Gue pernah ngomongin masalah ini sama mama gue.
'Ma, gimana nih kalau aa diospek? Aa belum siap mati ma? Aa belum ngerasain nikah, buat anak, poligami sama masuk program CCTV loh ma.' Kata gue cemas.
'Aa pura-pura pingsan aja.' Kata mama gue.
Gue langsung dapet ide, kalau gue udah nggak kuat, gue pura-pura kesurupan aja. Panitia OSPEK aja nggak tanggung jawab kalau ada yang meninggal apalagi ke yang kerasukan. Panitia ngeliat gue kerasukan aja yang ada bukan kasihan tapi adanya juga jijik ngeliat gue. Pas gue kerasukan boongan dijauhin, pas kerasukan beneran kayaknya gue bakal dibakar deh.
Padahal OSPEK di luar negri lebih manusiawi daripada OSPEK di Indonesia, gue juga nggak tau alesannya kenapa.


KERJA

Nah kerja nih. Buat lulusan SMA kayak gue, paling benten jadi kasir atau SPB.
Kalau ngojek sih susah, gue main ke daerah antapani sendiri aja, 5 menit gue udah nangis sambil teriak-teriak pengen pulang.
SPB juga susah. SPB harus langsing dan ganteng. Mama gue manggil ganteng aja segen gimana gue bisa jadi SPB. Jikalau gue jadi SPB juga gue pasti dikira gelandangan main di mall, terus diusir satpam gara-gara wajah gue ngeganggu kenyamanan para pengunjung mall.
Yang ada juga kasir. Ini masih mending, bahkan gue udah merencanakan ini dari awal kalau-kalau gue nggak kuliah. Gue berencana jadi kasir part time di banyak tempat.
  • Pagi jadi kasir di Indomaret.
  • Siang jadi kasir di Alfamart.
  • Sore jadi kasir di Alfa midi.
  • Malem jadi kasir di Giant.
  • Tengah malem masuk rumah sakit gara-gara kecapean.
Susah amet ya hidup gue?
Belum lagi kalau gue kerja. Gue harus disiplin waktu sama masuk terus. Padahal gaji dibawah UMR tapi sering dimarahin bos, kerjaan numpuk, istirahat dikit, dimainin sama bos, disuruh sama bos, disuruh nikahin bos terus main FTV, dll.



Dan gue udah menentukan. Gue bakal kuliah di salah satu kampus swasta di Bandung, kalau bulan Agustus gue kagak on di twitter atau FB bisa aja gue mati gara-gara OSPEK atau gue lagi dimarahin mama gara-gara sering online tiap hari tanpa ijin. Moga-moga aja OSPEK gue nanti lebih manusiawi kayak di luar negri.
Buat yang lain yang sedang merasakan kegalauan ini, pilihlah yang terbaik ya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Cerpen Go 4 Blog © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates