Sabtu, 13 Desember 2014

Keputusan Yang Sulit


Hal yang gue tahu mengenai dunia perkuliahan adalah organisasi. Denger-denger sih jadi anggota himpunan mahasiswa itu penting banget, karena itu bisa ngebantu gue dalam ngelamar pekerjaan. Tapi, masalahnya adalah, kalau gue jadi anggota himpunan mahasiswa, gimana gue bisa kerja coba?

Juga, kalau mau jadi anggota himpunan, gue harus ikut yang namanya mabim. Mabim itu sama kayak ospek lagi, cuma ini lebih biadab karena tempatnya itu digunung dan pasti deritanya lebih biadab daripada pas ospek Gue ngerasa bingung tiap gue baca pamflet mabim di tiap pintu ruang kelas, gue pun duduk di bangku koridor untuk memikirkan hal ini baik-baik. Dan tiba-tiba temen sekelas gue, Hendra (gue nggak perlu deskripsiin dia, soalnya takut manjang-manjangin nih cerpen) langsung nyamperin gue dan nanya-nanya soal mabim.

'Lu ikut mabim kagak?' Tanya Hendra.
'Kagak.' Jawab gue singkat.
'Napa?' Tanya dia.
'Mahal hen.' Jawab gue asal.
'Alah, itu doang dijadiin alesan. Gue bayarin lah.' Kata dia sombong (banget)
'Nggak usah, lagian gue juga alergi dingin, kagak boleh naik gunung lah.' Jawab gue.
'Yang jantungan aja ikut ga, kenapa lu kagak?' Tanya Hendra.
'Gue kagak mau sakit pas turun gunung, apalagi bentar lagi kan UTS ngaco.' Jawab gue.
'Tapi kut ini kan penting, jangan bilang lu lebih mentingin kerjaan daripada ini.' Kata Hendra.
'....'

Gue pun terdiam. Gue inget perbincangan gue sama pak Uli sebelum gue kuliah. dia bilang "Kamu fokus aja sama kuliah kamu." tapi, gue udah terlanjur sayang sama kerjaan gue ini. Walaupun gainya nggak seerapa, seenggaknya gue bisa puas tersenyum disana. Mereka udah bagaikan keluarga yang selalu ada untuk gue. Disaat gue ada masalah, gue ngerasa mendingan saat mengajar mereka.

'Bukan!' Lanjut gue. 'Bukan itu alesannya.'
'Ayolah ga. Ikut aja.' Bujuk Hendra.
'Gue boleh bawa barang pribadi nggak kesana?' Tanya gue.
'Boleh, Barang pribadi apa?' Tanya Hendra.
'Obat, TV, PS 2, Komputer, CPU. Udah itu aja.' Jawab gue.
'Ya kagak boleh bego! Disana kagak ada listrik!' Kata Hendra kesel.
'Oh gitu, berarti gue harus bawa tiang listrik juga.' Kata gue berinisiatip.
'Ya janganlah, lu mau dikejar satpol PP gara-gara dikira rang gila?' Tanya Hendra.
'Ya, enggaklah. Kalau kita disuruh yang aneh-aneh gimana?' Tanya gue.
'Maksudnya?' Tanya Hendri.
'Iya, kita dijailin di gunung pasti bakal disuruh yang aneh-aneh. Mungkin kayak harus minum air dari air terjun, tidur di tengah sungai, bungee jumping di jurang, atau lebih parah lagi.' Jelas gue.
'Ya, nggak mungkinlah bego.' Kata hendra. 'Udah lu ikut aja dah, si Lia juga ikut loh.' Lanjutnya.

Gue pun berdiri dari bangku gue dan gue pun berkata 'Tolong jaga Lia ya.' dan gue pun pergi ninggalin si Hendra.
Gue memang masih punya rasa sama si Lia. Gue nolak ajakan Hendra bukan karena gue berusaha menjauh dari Lia, gue cuma nggak mau bekerja sama orang yang gue sayang karena gue nggak akan bisa professional dideket dia. Bener kata maa gue, kalau gue udah sayang, pasti gue serius menyayanginya. 
Lebih baik gue memilih pekerjaan gue, memang kalau keterampilan organisasi itu penting tapi pengalaman juga penting. Ini adalah keputusan yang gue buat. Apapun pilihannya, pasti ada konsekuensinya.


2 hari kemudian. Gue temuin si Hendra dan gue pun nanya, 'Gimana? Senang abis mabim?'
'Seneng kok! Gue dibangunin tengah malem, dimarah-marahin, dilempar pake lumpur, ditakut-takuti sama wajah lu yang melayang-layang ditenda dan lain-lain.'
'SUKURIN!' Teriak gue

0 komentar:

Posting Komentar

 

Cerpen Go 4 Blog © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates