Kamis, 26 Juni 2014

Masuk Kuliah Itu Sulit

Gue sudah bertekad.
Gue bakal kuliah!
Uang udah ada dan tinggal daftar.

Tapi, ternyata masuk kuliah itu susah amat, lebih susah daripada daftar di bimbel berakreditasi B(bego). 
Yang membuatnya sulit adalah USM alias ujian saringan masuk. Ternyata perkiraan gue salah. Gue pikir masuk PTS(perguruan tinggi swasta) bakal lebih gampang daripada masuk PTN(perguruan tinggi negri).
Ternyata dugaan gue salah, ternyata perguruan tinggi hanya menginginkan mahasiswa-mahasiswa yang cerdas. Gue pun mulai nggak PD.


Gue pernah ikut USM di suatu universitas yang cukup terkenal di Bandung terutama di gedungnya sendiri. Gue abisin 300 ribu buat daftar doang, itu berarti gue bakal nggak dikasih jajan 1 bulan kalau gue gagal. Dan yang buat gue lebih pusing lagi adalah jenis tesnya ada IPA, IPS, IPS-IPC dan IPA-IPC.

Gue pun pilih IPA-IPC karena gue lulusan kelas IPA tapi bego banget di pelajaran IPA dan matematika. Gue milih sastra inggris di program IPC dan gue pilih informatika di program IPA (secara ngacak itu juga).

Dan yang membuatnya lebih sulit adalah IPA adalah pilihan 1 dan IPC itu pilihan 2 dan itu nggak bisa diganggu gugat. MAMPUS.

Gue pun mikir.
Kalau gue salahin semua pelajaran IPA dan ngerjain soal IPC dengan benar, gue pasti bisa masuk sastra inggris. Gue emang ada bakat di bahasa inggris, gue pun sering pake bahasa inggris di rumah, di sekolah, pas marahin pengemis, nawar dagangan di pasar, dll. Alhasil gue malah dikira orang gila bukannya orang pinter.


Pas harinya dateng. Gue pun duduk di kursi tes dengan tegangnya. 
Gimana kalau gue gagal?
Apa gue bakal diusir?
Atau gue bakal di barter sama beras 3 kilo?!
 Gue pun coba menenangkan diri.

Ujian pun dimulai. Soal pertama adalah soal program IPA, gue udah nggak tau lagi soalnya gue udah lupa sama materinya, yaudah gue jawab asal aja.

Dan ternyata soal IPC itu isinya SOAL IPS. MAMPUS!! Gue malesbanget sama Sejarah, Ekonomi apalgi Geografi.

Dan dengan soal-soal nan sulit bin sialan itu, gue berhasil mengerjakannya dalam waktu 30 menit. Bukan karena gue pinter, gue ngasal. Dan hasilnya gue pasrah aja deh, seengaknya soal bahasa inggris bisa gue kerjain dengan baik.


Setelah keluar dari ruang kelas. Gue liat di kartu peserta gue ternyata ada tes bakat setelah USM.
Gue agak bingung. Tes bakat kayak gimana? pa gue bakal di tes lompati cincin api, atau di tes nyuruh singa duduk atau di tes salto-salto di lapangan gasibu??

Gue coba tanya-tanya ke Dosen dan syukurlah gue nggak usah ikut tes bakat.


2 hari kemudian hasilnya diumumkan. Dan sialnya gue malah keterima di Informatika!
Gue sadar, gue mmang bego di pelajaran IPA tapi gue tolol banget di pelajaran IPS. Mungkin gara-gara itu gue kejeblos.

Gimana ya?
Gimana sama uang jajan gue ya?

0 komentar:

Posting Komentar

 

Cerpen Go 4 Blog © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates