Jumat, 06 Juni 2014

Dibalik Cahaya Lilin

Dari gue kecil (tepatnya pas gue kecil itu udah kayak beras Bulog sekarung berjalan), gue suka banget main lilin pas aliran/mati lampu (bahasanya memang gitu dari sononya). Gue bukan pelaku ngepet loh walaupun muka gue kayak babi, tapi gue nggak pernah ngepet (baca : nggak tau caranya ngepet).
Gue suka mainin api si lilin itu. Kadang gue pegang, dicubit, dicolek, diputer, dijilat, dicelupin, macem-macem deh. Ujung-ujungnya gue luka bakar tingkat kronis (kronis begonya).

Dan, kemarin-kemarin gue sempet main lilin tapi ada yang menjagal pikiran gue.


Pas itu hari lagi malem dan tidak ada tukang martabak atau sekuteng pun yang lewat. Gue lagi tidur-tidur manis sambil baca buku yang sangat terkenal dan tidak pernah termakan oleh jaman, judul bukunya itu 'Cara Cepat Mahir CALISTUNG (edisi khusus untuk anak bodoh).

Dan tiba-tiba..... Lampu mati! Gue cek diluar ternyata tetangga juga mati lampu. Daerah rumah gue memang terkenal rawan. Selain rawan setan dan pedofil (gue yang selalu dituduh sebagai setan atau pelaku pedofil) daerah gue rawan aliran (gue nggak tau bahasa yang tepat apa). Sangking rawannya sampai ada musimnya. Biasanya kalau kemarau itu, gue sebut itu musim aliran, musim dimana susah makan dan susah nge-cas BB.

Tiba-tiba sebuah suara terdengar.
'Aa!'
Ternyata itu mama gue.
'Aa, mana charger mama?' Tanya mama gue.
'Lagi dipake ma!' Jawab gue.
'Ini lagi aliran bego, ngapain kamu ngecas?!' Kata mama gue.
'...'

Gue baru nyadar kalau ngecas di saat aliran bener-bener perbuatan paling tolol sepanjang sejarah umat manusia modern.
Gue balikin tuh charger ke mama gue dan gue langsung ambil lilin dari lemari. Gue langsung nyalain dan gue pasang di piring kecil yang ada di ruang tamu.
Gue mulai main-mainin tuh api tapi untuk pertama kalinya tangan gue kebakar!
Gue jerit-jerit histeris tapi nggak ada yang nolongin.
Gue langsung dinginin tangan gue pake spirtus, eh air. Gue ngeliatin tuh lilin. Gue merasa ada hal yang jangal pada lilin itu, bisa dibilang hidup seseorang bagaikan sebuah lilin yang menyala.
Lilin itu adalah jiwa seseorang dan api yang menyala dipuncaknya itu adalah masalah. Walaupun kita bisa dan harus menangani masalah apapun yang nyasar kepada kita tapi ujung-ujungnya juga kita bakal meninggal gara-gara masalah seperti penyakit, ditabrak, diputusin mantan, kejerat rayuan debt collector san lain-lain.
Lilin yang tegak juga kalau dinyalain pasti abis kan??

Gue yang menyadari itu pun sadar. Gue memiliki banyak masalah yang disebabkan oleh ketololan gue atau yang lainnya seperti gue nggak bisa temenan sama mantan gebetan gue, gue nggak bisa masuk PTN, gue nggak bisa naik naga indosiar, dll.
Tapi itulah seni dari kehidupan, kalau lu nggak mau ada masalah ya nggak usah idup sekalian, gue yang buruk rupa gini aja masih tegar menjalani hidup untuk menghadapi masalah yang lain, kenapa lu nggak.

Tapi, dibalik masalah juga pasti ujungnya akan indah. Gue pernah marahan sama gebetan gue gara-gara dia nolak gue tapi gue mencoba buat minta maaf dan kita malah jadi makin akrab walaupun gue tau dalam hatinya itu dia baca ayat kursi tiap ketemu gue.


Lampu sudah menyala lagi. Gue matiin tuh lilin dan tiba-tiba mama gue nyamperin gue.
'Aa tadi denger suara aneh nggak?' Tanya mama gue.
'Kapan?' Tanya gue.
'Pas aliran tadi. Kayak suara rintihan gozilla gitu.' Kata mama gue.
Gue diem aja, kayaknya itu suara rintihan gue pas tangan gue kebakar deh.
'Tapi suaranya deket sini sih, aa hati-hati ya.' Kata mama gue.
'Iya ma.' Jawab gue.
Seenaknya nyamain suara gue kaya gozilla. Muka kaya genderuwo ini dibilang gozilla.


Gue makin siap untuk menjalani hidup gue, gue nggak akan nyerah sama masalah sebesar apapun. Moga-moga gebetan gue bisa maafin gue, (eh malah curcol -_-)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Cerpen Go 4 Blog © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates