Kamis, 26 Mei 2016

Game, Guru yang Hebat


Lu pasti tau tentang KPAI yang katanya mau blokir 10 game online.
Gue sendiri heran apa yang buat mereka mau blokir 10 game ini. Apa game - game ini pernah ngebuat hubungan rumah tangga mereka runtuh? Atau membuat mereka nggak bisa makan? Atau membuat mereka gagal nikah? Tentu tidak karena itu namanya nasib!

Gue jujur seorang maniak gamer. Gue selalu log in tiap hari, nggak lupa ngerjain misi, tugas guild, sama story tapi suka lupa makan, mandi sama bayar utang.Tapi game nggak memberi pengaruh buruk ke gue, gue jago bahasa inggris gara-gara game. Gue waktu kecil termasuk makhluk hidup buruk rupa yang kuper karena diskriminasi, udah item, gendut, jelek, idup pula. Karena gue nggak ada temen, gue pun menjelajahi gang sekitar rumah gue dan gue menemukan sebuah tempat yang sakral dan dijaga para dewa, Rental PS. Jaman itu masih jaman kejayaan PSX, dimana game legend seperti Harvest Moon, Digimon masih bisa dimainkan. Ya gitulah gue yang masih polos belajar ilmu bela diri dari maha guri Agumon, Luffy dan Goku dan iya, gue tetep kalah.Tapi, gue tetap nikmatin asiknya main game karena cuma game yag nggak bakal ngehina gue, nyakitin gue, dan nyembunyiin sendal gue. Di fase ini kosa kata bahasa inggris gue meningkat dengan signifikan.

Masuk SMP, gue kenal game online. Game online ternyata ngajarin gue untuk disiplin dalam bermain, seperti adanya sistem log in dimana lu bakal dikasih hadiah setiap 24 jam sekali. gue pun mencba ini di kehidupan nyata dan hasilnya gue jadi siswa yang rajinnya kebangetan, PR dah kelar sebelum dikasih tau, Ulangan dah kelar di 30 menit pertama, dan gue dah UN pas kelas 7. Dan efek lainnya semua orang berhenti ngebully gue karena gue berhasil ngalahin mereka yang cuma jago ngehina dan omong doang.

Masuk kuliah game mulai pakai sistem gatcha dimana lu nggak bisa dapetin yang lu mau seenak jidat. Lu diharuskan gatcha terus demi mendapatkan target lu itu. memang kayak judi tapi yang namanya untuk mendapatkan hal yang lu mau ya harus usaha lah,. Tapi gue nggak main pake duit. Sistem ini ngajarin gue intik membuat keputusan terbaik, gue kan miskin, masa mau gatcha mulu? Di dunia nyata gue menjadi orang yang suka ngebuat strategi demi nilai praktik sempurna, mulai dari milih orang, cara kerja sama, dan mengendalikan penonton. jadi intinya jadilah orang yang melangkah 2 langkah dalam sekali langkah (silahkan artikan sendiri). Selain itu game RPG juga menuntut kita untuk ikut ngobrol dengan mereka, jadi bisa mendidik kemampuan sosial juga, keren nggak tuh?

Kenapa banyak yang bilang game itu buruk? Ya sebenarnya salah orang tuanya nggak bisa ngedidik anak, main game boleh tapi batasi. Alasan pertama seseorang menjadi gamer karena kesepian. Jangan lihat dari jeleknya saja, semua hal ada sisi gelap dan terang, begitu juga game.
Sejelek apapun game itu, gue nggak bakal ngelupain bahkan membenci dia karena banyak hal yang diajarin ada disana.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Cerpen Go 4 Blog © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates